Friday, October 28, 2016

  • About
  • Berlebihan Konsumsi Susu Bisa Berbahaya Buat Anak-anak


    Buka Update Terus | Walaupun susu mempunyai begitu banyak kegunaan dan manfaat bagi anak-anak, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka efeknya juga tidak begitu baik.

    Bahkan dengan mengkonsumsi susu secara berlebihan bisa jadi dapat membuat anak menjadi kekurangan gizi.

    Kalau anak banyak minum susu, anak jadinya tidak berkesempatan untuk memakan makanan sumber gizi lainnya yang diperoleh dari nasi, sayur, dan lauk pauk karena sudah merasa kenayang dengan minum susu. Sehingga anak akan kekurangan zat besi dan zat gizi lainnya.

    Selain itu, anak juga tidak bisa belajar mengunyah makanan. Kalau anak sedang belajar bicara, tapi dia hanya belajar menyedot, menghisap, menyusu saja, bisa saja bicaranya kurang jelas karena dia tidak belajar mengunyah. Jadi pastikan ia makan seperti orang normal lainnya, yaitu dengan sendok, dengan nasi, dengan lauk pauk. Jadi ia belajar mengunyah, belajar menggerakkan lidah,” ujarnya.

    Sarannya, jumlah konsumsi susu yang tepat untuk dikonsumsi anak tidak lebih dari 500 ml. Jika orangtua ingin mengurangi kebiasaan anak minum susu berlebih, mereka bisa mengurangi jumlahnya secara perlahan-lahan, tidak secara drastis.

    Sebagai contoh bila anak minum enam gelas susu sehari, cobalah kurangi secara perlahan jadi 4 gelas dulu dan dilanjutkan seterusnya besok dengan jumlah yang sesedikit mungkin. Karena dengan mengurangi dengan drastis, itu tidak mudah. Dan ingat, isi makan dia nasi dulu, kalau dia masih lapar, baru ibu kasih susu.

    0 comments:

    Post a Comment