Monday, January 9, 2017

  • About
  • Berita Sehat | Cara Memasak Bawang Putih Agar Mendapatkan Khasiatnya


    Kesehatan | Aroma tajam bawang putih punya khasiat sehat. Selain itu juga membuat makanan rasanya lebih lezat.

    Karena tajam aromanya, bawang putih dihindari karena menyebabkan bau badan dan mulut. Padahal kalau bisa memakai dengan tepat, umbi bernama Latin Allium sativum ini bisa memberi aroma sekaligus khasiat maksimal. Perhatikan beberapa hal penting dalam pemakaiannya.

    1.Gunakan bawang putih yang segar

    Jangan memakai bawang putih botolan atau acar karena khasiat bawang putih paling maksimal saat segar. 
    Allicin, kandungan menyehatkan dari bawang putih hanya terdapat pads bawang putih segar. Peneliti Jepang menemukan bahwa bawang putih yang dimemarkan dan direndam air akan kehilangan setengah dari kandungan allicin selama 6 hari. Jika disimpan dal am minyak sayur akan berkurang setengahnya dalam waktu kurang dari 3 jam.

    2. Setelah dipotong, diamkan bawang putih beberapa saat

    Memotong bawang putih akan memutus sel-sel dan melepaskan enzim yang bereaksi dengan oksigen. Hal ini memicu terbentuknya kandungan sulfida seperti allicin.

    Setelah dipotong atau dicincang, biarkan bawang putih selama 10-15 menit sebelum dimasak agar kandungan allicinnya berkembang maksimal sebelum panas api mematikan enzimnya.


    3. Sebaiknya dimemarkan, dicincang atau dikeprek?

    Makin remuk sel bawang putih, makin banyak sulfida memlepaskan enzim. Aromanya juga makin enak. Karenanya bawang putih yang dimemarkan dan dicincang halus akan beraroma kuat. Jika diiris tipis aromanya lebih halus. Bawang putih utuh per siung paling lembut aromanya.

    4. Memanggang bawang putih

    Jika ingin memanggang bawang putih. Ambil bawang putih utuh satu bongkol. Iris melintang sekitar 1/4 tinggi nya. Lalu bungkus dengan aluminium foil. Panggang dalam oven panas 180 C selama 20 menit.

    5.Menghilangkan aroma bawang putih

    Setelah makan bawang putih, sikat gigi atau minum susu. Lemak susu akan mengurangi aroma tajamnya.

    Untuk menghilangkan aroma bawang putih di tangan, cuci tangan dengan jeruk lemon, garam, atau soda kue. Atau gosok dengan sabut stainless steel, molekul pada stainless steel akan menghentikan reaksi yang memproduksi aroma bawang putih. Cuci tangan, bilas dan keringkan.

    Bawang putih akan lunak dan mudah terlepas dari kulitnya. Bisa dijadikan campuran sup atau saus. Hanya saja aromanya kurang tajam.

    0 comments:

    Post a Comment