Monday, November 14, 2016

  • About
  • Info Kuliner | 3 Makanan Khas Lamongan Yang Cuma Dihidangkan Pada Saat Acara Hajatan


    Kuliner Special |  Mayoritas orang pasti terbayang soto Lamongan jika membicarakan tentang kuliner khas Lamongan. Jenis soto ini memang sudah tersohor karena memiliki cita rasa yang pas di lidah banyak orang. Soto Lamongan biasa disajikan sebagai menu sehari-hari.

    Namun ada beberapa menu khas Lamongan yang hanya dimasak dan disajikan saat hajatan. Kuliner ini biasanya dimasak dalam porsi besar lalu disajikan sedikit-sedikit dan ditumpangkan di atas nasi yang ditaruh dalam wadah. Paket nasi dan lauk yang dibagikan saat hajatan tersebut dikenal dengan istilah berkat yang biasa kita kenal dengan istilah besek.

    Berikut adalah 3 masakan tradisional yang hanya muncul saat hajatan di Lamongan,


    1. Sujen

    Sujen adalah masakan dengan bahan utama daging sapi atau kambing. Pertama daging dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan bumbu yang dihaluskan. Bumbunya terdiri dari ketumbar, kencur, lengkuas, kunyit, merica, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, sereh, daun jeruk, kemiri, dan tomat.

    Bumbu tersebut dimasukkan bersama santan kental dan potongan daging. Setelah matang dan santannya meresap, potongan daging disajikan dengan cara ditusuk seperti sate yang dibalur dengan bumbu.


    2. Ketewel

    Ketewel adalah istilah untuk nangka muda. Yang dimaksud masakan ketewel adalah nangka muda yang dimasak bersama santan dengan aneka rempah. Adapun bumbunya terdiri dari ketumbar, kencur, laos, kunyit, merica, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, kemiri, tomat, santan, cengkeh, dan kluwek. Semua rempah tersebut dihaluskan lalu dicampur dengan santan kemudian dimasak bersama ketewel sampai lunak.

    Proses melunakkan ketewel ini membutuhkan waktu sampai tiga jam. Ketewel agak mirip dengan gudeg yang merupakan makanan khas Jogja. Berbeda dengan gudeg yang memiliki cita rasa dominan manis. ketewel khas Lamongan memiliki cita rasa gurih, asin, penuh rempah dan pedas.


    3. Petisan

    Petisan hampir selalu muncul dalam momen hajatan di Lamongan. Menu ini dibuat dari tempe yang dipotong berbentuk dadu kecil. Dimasak dengan aneka rempah yang dihaluskan. Aneka rempah yang terdiri dari kemiri, cabe keriting, ketumbar, bawang merah, bawang putih, laos, kencur, kunir, jeruk purut dihaluskan kemudian dicampur dengan santan kental. Lalu dimasak sampai airnya mengering.

    Disebut dengan petisan karena dalam proses memasaknya diberi sedikit petis. Petis adalah kaldu rebusan ikan yang dimasak sampai mengental dan liat. Tidak lupa diberi irisan cabe rawit yang sangat banyak sehingga rasanya luar biasa pedas. Menu yang satu ini memang identik dengan rasa pedas dan sangat menggugah selera.

    Tiga jenis masakan tersebut biasanya dimasak dalam rangka hajatan pernikahan, aqiqah kelahiran anak, khitan, dan upacara adat lainnya. Biasanya saat hajatan, keluarga besar berkumpul untuk bergotong-royong memasak makanan dalam porsi besar lalu dibagi-bagikan ke tetangga dan saudara.





    0 comments:

    Post a Comment