Saturday, December 24, 2016

  • About
  • Memburu Bus ' Om Telolet Om ' Sampai Hafal Jadwal Keberangkatan


    Jakarta bukaupdateterus.blogspot.com - Jumat ' 23-12-2016 ' Sore 10 anak Laki - Laki berdiri di jalan menuju pintu keluar Terminal kalideres jakarta barat. dua di antara mereka membawa kardus bekas bertuliskan ' Om Telolet Om Jangan Pelit ', ada pula yang membawa ponsel pintar.

    Sore Itu Anak-Anak Tersebut berburu bus yang memiliki klakson berbunyi ' telolet '. ' Om Telolet Om. Lagi, Om ' ujar salah satu anak saat sopir bus membunyinkan klaksonya sebelum keluar terminal.

    Pada jumat mereka mengaku datang ke teriminal sejak pukul 09.30 WIB. Seusai mengambil rapor akhir semester di sekolah mereka bersama-sama datang ke terimnal dan mulai ' berburu '.

    Fenomena memburu bus telolet ramai diperbincangkan khalayak saat ini hingga mendunia. Namun, bagi Anak-Anak yang tinggal tak jauh dari terminal kalideres, hal itu bukan hal baru lagi bagi mereka.

    Anak - Anak itu sudah sejak lama datang ke terminal demi mendengarkan bunyi klakson telolet dan merekamnya menggunakan ponsel.

    ' Sebelum ramai, sudah ada. Baru Sekarang aja terkenal, ' ujar Jamin ' 12 ' salah satu dari mereka.

    Bagi Mereka yang sudah terbiasa, tidak sulit membedakan bus yang memiliki klakson telolet dan mana yang tidak. awalnya mereka melihat bagian kolong Bus-Bus itu. jika ada benda berbentuk corong atau terompet, sudah dipastikan bus tersebut memiliki klakson telolet.

    Dari Situ, mereka mengingat perusahaan otobus ( PO ) mana saja yang memiliki klakson tersebut. 

    ' Dari bawahnya, corong, terompet gitu dibawahnya ada tiga. ' kata anak lainya, Rendi ' 12 '

    Karena seringnya, mereka bahkan hafal keberangkatan Bus - Bus berklakson telolet itu. jamil mencontohkan bus PO Super Jaya berangkat pukul 07.00 WIB.

    Kemudian, Pada pukul 12.00 WIB, ada PO Sinar Dempo dan PO Telaga Indah Armada yang berangkat dari Teriminal Kalideres.

    ' PO Haryanto pukul 14.00. Pukul 16.00 ada Gapuraning Rahayu, Shantika, Karunia Bakti, Banyak . ' ucap Jamil



    Tak hanya itu, mereka juga hafal sopir bus PO mana saja yang sering membunyikan klakson telolet dan mana yang tidak. saat bus berklakson telolet melintas tetapi tidak membunyikan klaksonya, Anak - Anak itu akan meneriakkan kekecewaan mereka.

    " Huh Pelit, " seru Mereka.

    Selain Anak yang mengangkat Kardus atau kertas bertuliskan ' Om Telolet Om ' ada anak anak lainya yang mengarahkan kedua jempol mereka ke Bus-Bus yang melintas dengan begitu mereka berharap sang sopir berbaik hati membunyikan klakson.

    " Ngangkat Jempol. Biar disangka bagus Busnya, nanti dia kasih ( Bunyi Telolet ) " tutur jamil.

    Anak - Anak itu sduah memiliki banyak koleksi video yang merekam aktivitas memburu bus telolet. Terkadang mereka juga mengunggahnya ke YouTube.

    Tak Hanya Jamin dan Kawan-kawanya di terminal kalideres.
    masih banyak kelompok anak lainya yang juga memburu bus telolet mereka berkeliling di terminal, sesekali menunduk mlihat kolong bus untuk memastiakn bus itu memiliki terompet telolet atau tidak.

    Seorang Sopir bus disana, Rosid, memberi kesempatan untuk melihat tombol klakson telolet itu. ada Enam tombol berwarna merah di sebelah kanan setir bus. Namun, ROsid enggan membunyikan klakson tersebut di dalam terminal.

    ' Panas ini, soalnya berisik, ' Kata dia.

    Selain itu, Rosid juga menunjukkan corong atau terompet telolet yang dimaksud Anak-Anak itu di kolong bus yang dikemudikanya itu, ada dua terompet berwarna hitam. kini memburu bus telolet tampaknya menjadi kegemaran tersendiri khususnya bagi Anak-Anak.

    Di Pinggir-pinggir jalan khususnya yang dekat dengan terminal kita akan dengan mudah menemukan sekumpulan anak-anak yang membawa kertas atau kardus bertuliskan ' Om Telolet Om' serta ponsel untuk merekam momen tersebut





    0 comments:

    Post a Comment